Desain Promosi dan arti layout

Posted: September 28, 2010 in Uncategorized

Desain adalah merancang. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan  baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Desain Komunikasi Visual merupakan ilmu yang mempelajari suatu perancangan untuk proses penyampaian informasi secara visual dengan memperhatikan elemen-elemen grafis agar dapat tepat sasaran dan diterima oleh penerima pesan. Desain Komunikasi Visual merupakan bagian dari desain grafis.

Promosi (Promovere / Promotion) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

a) Pengertian Layout

Layout atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan tata letak adalah pengaturan tulisan-tulisan dan gambar-gambar.

b) Tahapan Layout

1)      Layout gagasan

Layout gagasan yaitu tahap awal dari sebuah visualisasi perancangan berupa coretan-coretan dasar untuk mencari tata letak ataupun susunan bentuk, teks dan gambar.

2)      Layout kasar

Layout kasar berupa kumpulan sketsa dari penuangan gagasan yang telah direncanakan namun masih dapat direvisi kembali dalam pembuatan desainnya dan dapat dikembangkan lagi.

3)      Layout lengkap

Setelah gagasan ditentukan dan telah melalui tahapan pengembangan dan penyempurnaan, maka dibuatlah layout secara lengkap. Layout lengkap merupakan titik akhir dalam pembuatan karya desain atau disebut sebagai Final Design yang mana layout sudah dalam bentuk jadi dan dapat dilihat, dinikmati dan dipahami konsepnya.

Tinggalkan komentar